Review Jurnal Strategi Promosi Perpustakaan Khusus
Nama saya Gilang Galang Gemilang telah me-review jurnal dengan kelompok saya,
Judul
|
STRATEGI
PROMOSI PERPUSTAKAAN KHUSUS
|
Jurnal
|
JURNAL
ADMINISTRASI NEGARA/PUBLIK
|
Download
|
|
Volume
dan Halaman
|
Vol.3,
No.12, Hal.2101-2106
|
Tahun
|
2016
|
Penulis
|
Faizal
Ahmad Adhy Riza, Suryadi, Agung Suprapto
|
Reviewers
|
Prita
Amanda
Endah
Septiana
Gilang
Galang Gemilang
Herlawati
Mochamad
Fajar Risky
|
Tanggal
|
14
Maret 2018
|
Abstrak
|
Strategi
perpustakaan secara khusus (Studi di Perpustakaan Bank Indonesia). Strategi
yang dilakukan bank, pengkreditan bank indoneisa menggunakan metode Surabaya
promosi hotchpotch atau sering diajukan promosi strategi akan analogi
promosi. Tujuannya, pada umumnya menjadi layanan perpustakaan dunia. Hasil
penelitian dapat dilihat bahwa strategi promosi yang diterapkan di
perpustakaan bank indonesia Surabaya yaitu advertensi, promosi penjualan,
kontak langsung dan publisitas. Strategi promosi yang dilakukan perpustakaan
Bank Indonesia Surabaya telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan
kebutuhan perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Masalah seperti itu bisa
dilihat dari jumlah pengunjung dan tanggapan positif pengguna perpustakaan,
supporter. Faktor selanjutnya dalam strategi promosi di PT Perpustakaan
Gedung Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya sudah memadai, kumpulan koleksi
lengkap dan Sumber Daya Manusia yang cukup dan lemahnya manajemen
administrasi.
|
Pengantar
|
Di dalam paragraph pertama penulis menegaskan bahwa
promosi memiliki peran penting pada sebuah perpustakaan, promosi merupakan
suatu wadah untuk memperlihatkan kepada pengguna apa saja koleksi yang
dimiliki serta layanan apa yang ada di perpustakaan tersebut. Untuk melakukan
promosi perpustakaan, maka di butuhkan strategi, agar promosi tersebut
berjalan sesuai dengan harapan yang ingin dicapai.
|
Pembahasan
|
Pada bagian pembahasan, pada bagian pembahasan,
penulis membagi sub pokok bahasan menjadi 1 bagian
1. Strategi promosi perpustakaan bank Indonesia di
Surabaya.
Berdasarkan teori umum promosi perpustakaan itu kemudian akan
dihubungkan dengan kegiatan kegiatan atau layanan perpustakaan serta cara
cara promosi tentunya dalam lingkup dunia perpustakaan Mustafa, (2010,
H.1.2).
Dalam hal advertensi perpustakaan Bank Indonesia Surabaya yaitu
menggunakan media radio dan televise sebagai alat untuk memperkenalkan bahwa
bank Indonesia Surabaya mempunyai perpustakaan. Kemudian dalam hal promosi
penjualan perpustakaan bank Indonesia Surabaya juga melakukan demonstrasi
dari produk tersebut seperti guiding kepada pengguna perpustakaan,
menyediakan aula gratis bagi pengguna yang ingin membuat acara, menyediakan
computer yang canggih, gratis wifi, pelayanan fotokopi gratis, menyediakan
perpustakaan anak, stock-opname untuk pengupdate-an buku dan literature bagi
pengguna, perpustakaan bank Indonesia juga mempunyai café dan terakhir dalam
promosinya adalah bekerja sama dengan penerbit. Selanjutnya personal selling
usaha yang digunakan dalam komunikasi dengan pengguna perpustakaan
diantaranya menggunakan media social seperti facebook dan twitter serta
komunikasi langsung dengan pengguna yang merasa kesulitan untuk mencari informasi
yang diinginkan, kemudian sebagai pusat informasi bagi wisata domestic dan
non domestic, yang terakhir dalam melakukan publikasi perpustakaan bank
Indonesia Surabaya yaitu bekerja sama dengan FORKOM (Forum Komunikasi Objek
Wisata Surabaya), membuat bulletin dan annual report seputar perpustakaan
bank Indonesia Surabaya, membuat situs yang mempermudah pengguna untuk
mengakses perpustakaan BI.
|
Simpulan
|
1. Strategi promosi yang diterapkan perpustakaan Bank
Indonesia Surabaya yaitu advertensi, promosi penjualan, kontak
langsung/personal selling, dan publisitas. Strategi promosi yang dilakukan
perpustakaan Surabaya sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan
kebutuhan perpustakaan bank Indonesia Surabaya. Hal tersebut dapat dilihat
dari jumlah pengunjung dan tanggapan positif pengguna perpustakaan, selain
itu banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan perpustakaan bank Indonesia
Surabaya sehingga dapat menarik perhatian dari pengguna sekaligus
memperkenalkan fasilitas dan layanan yang ada di perpustakaan bank Indonesia
Surabaya.
2. Faktor pendukung dalam strategi promosi di
Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya adalah gedung perpustakaan yang memadai,
koleksi yang lengkap dan sumber daya manusia yang cukup. Sedangkan factor
penghambat dalam strategi promosi ini ada 2 yaitu factor penghambat dari
dalam perpustakaan adalah dana. Sedangkan factor penghambat dari luar
perpustakaan adalah kurangnya komitmen dari pimpinan dan lemahnya manajemen
organisasi.
|
Kekuatan Penelitian
|
1. Bahasa yang digunakan oleh penulis menggunakan
susunan kata yang baik sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
2. Pembahasan yang disampaikan oleh penulis
tergambarkan dengan jelas dan tepat sehingga para pembaca dapat menyerap
materi yang dibahas dengan baik.
|
Kelemahan Penelitian
|
Strategi yang diberikan penulis dapat memakan biaya
yang sangat tinggi
|
Komentar
Posting Komentar